Minggu, 16 Oktober 2011

Masih dengan resep kue kukus, resep yang berhasil dibuat dan enak adalah brownies kukus. Ini resep juga merupakan hasil browsing kemana2, ketemu dan langsung jatuh cinta. browniesnya favorit anakku lho...
Ingredients:
Telur 6 butir
Gula 225 gram
Vanili secukupnya
Garam secukupnya
Emulsifier 1/2 sdt teh
Terigu 125 gram, ayak, aduk rata dg coklat bubuk
Coklat bubuk 50 gram, ayak, aduk rata dg terigu
Minyak 175 ml / kadang aku mengganti minyak dengan mentega.
Dark Cooking Cokelat 100 gram, lelehkan, campur dg minyak

Susu Kental Manis (SKM) 75 ml

Directions:
Kocok telur dan gula hingga mengembang, masukkan campuran tepung terigu dan cokelat bubuk. Aduk perlahan hingga rata. Masukkan campuran minyak dan DCC, aduk hingga rata. Sisihkan sepertiga bagian adonan, beri SKM, aduk rata.

Bagi 2 adonan tanpa SKM, bagian I kukus selama 10 menit, tambahkan adonan dg SKM selama 10 menit, terakhir masukkan adonan sisa tanpa SKM, lanjutkan mengukus selama kurleb 20 menit. Angkat.

Jumat, 01 April 2011

my own converter..


maklum aja yah, masih pemula dalam hal membuat kue, jadi,belum punya aneka peralatan membuat kue yang lengkap. contohnya adalah oven dan timbangan. Padahal, untuk membuat kue, aneka resepnya banyak yang menggunakan satuan ukuran gram, dan ml. kalau ml sih masih bisa diuukur pakai gelas ukur, atau botol susu anak, he2.. tapi kalau gram, kan susah tuh ngira2nya. ntar salah salah malah kacau deh. so..ini dia.. coverter ala aku..
hasil ngukur sendiri

1 gelas belimbing = 175 gr gula pasir
250 gr terigu = 400 ml gelas ukur
jadi, 1 gram terigu = 1.6 ml

Sebuah misteri baru saja terpecahkan..
pertama bikin bolu kukus, hasilnya sempurna, padahal nggak pakai mixer, truz pas udah beli mixer, eh malah kalau bikin kue gagal terus.. ternyata, selain ganti mixer aku juga ganti terigu, kalau dulu pakai terigu segitiga biru, sekarang pakai kunci biru.. kirain sama aja.. ternyata... ^^"
jadi gag sabar buat nyobain bikin bolu kukus lagi dengan resep yang benar.. hahha
(berdoa semoga, ini memng benar2 alasannya kenapa bolu kukus saya tidak mengembang sempurnya)